MAKANAN UNTUK OTAK KU……….



Wah… sehabis keliling mempelajari oksigen kini saya dapat artikel untuk membuat otak kita sehat. Sesuatu yang sehat pastinya dimulai dari makanan, minuman dan nutrisi yang cukup. Begitupun otak yang merupakan unsure paling penting bagi aktivitas hidup kita. Apabila otak tidak bekerja mungkin bisa kita kategorikan bahwa kita telah mati karena kita tidak dapat merasakan, memberikan peritah pada organ lainnya. Nah untuk lebih memahami tetang otak ini ayo.. kita cari tau tentang otak.

Ogan terpenting dalam tubuh kita adalah otak. Otak yang sehat akan berdampak baik untuk menunjang aktivitas, membantu kita lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Otak yang kurang sehat akan mengakibatkan konsentrasi yang menurun, kemampuan mengingat yang lemah dan sering tidak fokus. Ini dapat terjadi jika otak tidak mendapatkan ‘makanan’ atau nutrisi yang cukup.

Untuk itu kita sangat perlu memperhatikan kebutuhan otak kita dengan cara mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya kerja otak:

Berikut makanan alami yang dapat menyehatkan otak:

1. Ika Salmondn Ikan Tuna
Ikan merupakan sumber protein hewani yang paling tinggi. Ikan jenis salmon dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk proses pertumbuhan dan melindungi perkembangan otak dan lebih banyak daripada omega-3 pada ikan tuna. Selain itu, omega-3 ini dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke. Juga dapat membantu pertahanan tubuh dari serangan kanker dan radang sendi. Ikan salmon merupakan ikan yang sangat bergizi dan menjadi sumber protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh putra-putri Anda. Asam lemak omega-3 juga menurunkan resiko terkena dementia dan penurunan mental. Mengkonsumsi banyak ikan sejak kecil mengurangiresiko kepikunan di usia lanjut.

2. Kafein
Tidak selamanya meminum kopi atau teh buruk untuk tubuh. Selama jumlah yang dikonsumsi tidak berlebihan tentunya akan membawa manfaat untuk tubuh Anda. Kafein yang terkandung di dalam kopi ataupun teh bisa membuat Anda berkonsentrasi dan
fokus. Otak Anda akan berada dalam posisi ‘terjaga’ setelah meminumnya.

3. Sarapan sebagai Bahan Bakar Otak
Sering melewatkan sarapan? Mulai rubah kebiasaan itu. Sarapan dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek dan juga membuat Anda dalam keadaan fokus. Pastikan anak Anda tidak pernah melewatkan sarapan meskipun hanya setangkup roti dan segelas
susu. Agar si kecil fokus saat belajar di sekolah. Sarapan tidak perlu banyak namun sebaiknya mengandung protein yang cukup.

4. Gula Meningkatkan Waspada
Gula yang dimaksud bukanlah gula yang biasa Anda tambahkan ke dalam minuman atau makanan, melainkan glukosa yang Anda dapat dari makanan. Gula yang berasal dari karbohidrat ataupun buah-buahan. Makanan manis inibisa memicu memori jangka pendek dan proses berpikir spontan Anda.

5. Kacang dan Cokelat
Kacang-kacangan secara umum adalah sumber protein, serat, vitamin, dan juga mineral. Konsumsi kacang-kacangan di siang hari, akan membantu anak mempertahankan energi dan kemampuan berpikirnya hingga sore hari.

Konsumsi sedikit cokelat dan kacang setiap hari sangat dianjurkan. Karena bisa memenuhi kebutuhan vitamin E serta antioksidan yangdiperlukan oleh tubuh. Vitamin E yang cukup bisa mencegah terjadinya penurunan kognitif yang berkaitan dengan bertambahnya usia.

Selain itu“Kacang tanah dan selai kacang merupakan sumber vitamin E yang baik, suatu antioksidan kuat yang melindungi membran saraf.  Ditambah dengan kandungan thiamin untuk membantu otak dan sistem saraf,” kata Andrea Giancoli, seorang ahli gizi dari Los Angeles.

6. Blueberry
Seperti yang telah dilansir webMD, blueberry mampu melindungi otak dari stres oksidatif dan mengurangi efek dari kondisi yangberkaitan dengan penyakit usia seperti Alzheimer dan juga dementia. Buah-buahan dari keluarga “berry”, seperti strawberry, blueberry, blackberry, cranberry, cheri, dll memang memiliki warna, bentuk, dan rasa yang menarik, sehingga banyak disuka anak-anak. Dan khasiat dalam buah-buahan ini pun sangat banyak. Terutama kandungan vitamin C dan antioksidan. Buah berry juga memiliki kandungan lemak omega-3 yang cukup tinggi.

7.Telur
Telur dikenal sebagai sumber protein yang sangat tinggi. Dalam kuning telur terdapat kolin, yang membantu pengembangan memori. Pada satu buah kuning telur mengandung lebih dari 25 persen kebutuhan kolin setiap hari. Orang dewasa membutuhkan 425 gram kolin per hari, sedangkan anak balita butuh 250 gram per hari. Selain itu, telur juga mengandung anti-oksidan serta lutein yang membantu mencegah gangguan penglihatan akibat penuaan dan katarak. Kadar lutein dalam telur bahkan lebih banyak dibanding pada sayuran berdaun hijau.

8.Biji Gandum
Otak memerlukan pasokan glukosa yang tetap, ternyata pasokan tersebut dimiliki oleh biji gandum. Selain itu, serat biji gandum membantu mengatur pelepasan glukosa ke dalam tubuh.  Biji gandum juga mengandung fiber, antioksidan seperti Vitamin E dan selenium, zinc, magnesium, dan Vitamin B. Nah, vitamin B dalam gandum juga sangat baik untuk memelihara sistem saraf yang sehat

8. Oatmeal
Menurut Sarah Krieger, seorang pakar gizi di Florida, oatmeal adalah sereal favorit anak-anak yang sangat baik bagi kesehatan otak dan jantung mereka. Oats memberikan energi yang sangat baik alias bahan bakar untuk otak yang pertama kali dibutuhkan oleh anak-anak di pagi hari. Oat juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh kita dan otak berfungsi pada kapasitas penuh

9. Sayur-sayuran
Berbagai sayuran dengan berbagai warna seperti bayam, tomat, wortel, kangkung, dll sangat baik untuk anak. Merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk menjaga sel-sel otak agar tetap sehat. Selain itu, sayuran juga mengandung kalsium yang cukup banyak dan mengandung mineral lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan.

10. Susu dan yoghurt
Hari gini nggak doyan susu? Hmm…jangan salahkan kalau buah hati Anda kekurangan gizi. Susu dan yoghurt memiliki kandungan protein, vitamin B, vitamin D, kalsium, yang sangat penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan sumber energi bagi otak

11. Daging
Zat besi pada daging, terutama daging sapi, sangat baik untuk menyerap zat besi. Sebab zat besi penting untuk membantu anak-anak menjaga konsentrasi dan tetap berenergi. Daging sapi juga kaya akan seng (zinc), yang sangat baik untuk daya ingat

Makanan-makanan yang disebutkan sebelumnya tidak akan maksimal jika pola hidup yang Anda terapkan masih saja berantakan. Waktu tidur yang cukup akan memberikan otak Anda waktu untuk beristirahat agar siap memulai aktivitas esok hari. Dan olah raga yang teratur bisa membuat Anda lebih rileks dan suplai oksigen ke otak pun akan cukup.

Iklan
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: