Monthly Archives: Juni 2011

Doa ku untuk mu di malam Nisfu Syaban

Di tengah malam kala hujan datang membasahi bumi
Rintik di atas genting membuat detak jantungku tak berirama
Dalam dekapan dingin membuat malam ini semakin kelam dan sunyi
 
Buaian mimpi tentang mu pun tak dapat ku raih
Seiring lelapnya aku menunggu mu
Warna-warni cat dikamar ku berubah menjadi gelap
Apakah gerangan yang menimpa mu
 
Sajadah telah ku gelar
dan wajah ku hadapkan kiblat
Kedua tangan ku terangkat, memuji kebesaran MU
Kalimat pun mengalir penuh hikmat
Seiring kesadaran aku pada keberadaan mu
 
Sepenuh rasa dan jiwa ku
Saat telunjuk ku mengakhiri semuanya aku berdoa
untuk mu (AIRIN) “S’moga engkau selalu mendapatkan Rahmat Nya”
 
 

Tuhan begitu payah aku membawa diri ini
Seolah tak ada daya untuk bangkit
Melewati liku takdir ku

Apakah aku sudah tak layak lagi
Apakah salah jika aku memilih mati
Merelakan semua yang telah pergi
dan kembali arungi wahana tak pasti

Ku sudah muak dengan diri ini
Terdera dan terseok oleh realiti
Tuhan lepaskanlah uji diriku ini
Agar ku dapat cinta kekal nan abadi

RESHTY NAATE… LOVE SONG WITH YOU

You and I
Will be together til the end of time
I promise I ll never let you go
Now that i know you love me
You and I
Will be together til the end of time
I promise I ll never let you go
Now that i know you love me

Chalun main tere peeche peeche
Baaki saare bandhan tod doon
Jo tere tak na jaye
Us raste ko chhod doon
Har khwab mera umeed meri
Main tujhe jod doon

Sab rishte naate haske tod doon
Bas tujhse dil ka rista jod doon
Jod doon
Sab rishte naate haske tod doon
Bas tujhse dil ka rista jod doon

You and I
Will be together til the end of time
I promise I ll never let you go
Now that i know you love me
You and I
Will be together til the end of time
I promise I ll never let you go
Now that i know you love me

Jud gai jud gai
Tujhse yeh meri zindagi
Maine to paayi tujh mein meri har khushi

Keh gai keh gai
Mujhse khud yeh baatein teri
Aksar Khayalon mein hoon tere
Mein kahin

Dekhun mein tujhe
Lamha lamha har pal
Apne seene mein rakhu
Har subhah tujhse milne ki chahat
Mein main jagu
Ek tu hi to hai hoton ki hasi
Chehre ka noor tu

Sab rishte naate haske tod doon
Bas tujhse dil ka rista jod doon jod doon
Sab rishte naate haske tod doon
Bas tujhse dil ka rista jod doon

Bas gai bas gai mujh mein
Ab hai yeh bas gai
Saanson se aaye har dum
Khusboo jo teri

Chaa gai chaa gai
Mujh par yeh jo hai chaa gai
Badli hai shayaad yeh to tere ishq ki
Yehi hai mere dil ki hasrat paihroh
Tujhse baatein main karu
Ho saari baatein tujh pe khatam
Aur tujhse ho shuru
Phir waqt bhi yeh ruk jaaye wahin ho
Jab bhi saath tu

Sab rishte naate haske tod doon
Bas tujhse dil ka rista jod doon jod doon
Sab rishte naate haske tod doon

You and I
Will be together til the end of time
I promise I ll never let you go
Now that i know you love me
You and I
Will be together til the end of time
I promise I ll never let you go
Now that i know you love me

Kecamuk hati ku untuk kebahagiaan mu

 

Sejenak ku terdiam ………….

Memikirkan mu (Airin)

Sesaat ku teriak ………….

Memanggil mu

Sayang ………….

Kau pelitaku yang berakhir kelabu

Sayang ………….

Kau duri kenikmatan yang selalu di nadi ku

Sejauh ku bersama mu tak ada niat ku tuk meninggalkan mu

Tatkala kau tancapkan duri dalam jantung ku

Saat itulah ku harus menjauh dari mu

Aku tak akan meninggalkan mu

Namun kau semestinya menjauh dariku

Sayang ………….

Ingatlah aku dalam setiap kau pejamkan mata

Ingatlah aku saat kau sadar pagi telah datang

Ingatlah aku saat dingin menusuk nadi mu (highland)

Dan ingatlah kala berhari hari tanpa batas lalui dengan kemesrahan (touring)

Seiring waktu ………….

Seiring cintaku yang tulus

Dan niat ku yang menginginkan kebahagiaan mu

Tanpa ada penyiksaan untuk ku

Bahagiakanlah dirimu

Dengan apa yang kau mau

Dan kenanglah aku selama kau ingin mengenang ku

Disini aku akan selalu mengenang mu

Dalam setiap hari ku

Bersama diriku

Bersama takdirku

Bersama kehancuran ku

Kebahagiaan tak pantas diraih bila ada keraguan

Dan keraguan tak pantas dipertahankan bila tak ada kenyataan

Sesungguhnya tuhan menciptakan hal yang baik untuk umatnya

Semoga engkau dan aku selalu ada

Entah kapan berjumpa ku ingin bersamamu

Meski sekejap ku yakin akan hilangkan mengebunya rindu ini

“sayang berbahagialah dengan cinta mu dan ingatlah aku selalu mencintaimu”

NUTRISI YANG BAIK UNTUK OTAK DAN KEBIASAAN BURUK YANG MEMPENGARUHI KINERJA OTAK

Otak mengkonsumsi sejumlah besar glukosa. Salah satu tanda awal demensia (kepikunan) adalah penurunan kemampuan otak menggunakan glukosa secara efisien. Otak juga merupakan organ lemak. Lemak hadir di membran neuron untuk menjaga tetap fleksibel. Lemak ini adalah omega 3 dan molekul asam lemak omega 6. Otak kita sangat tergantung pada asupan lemak dari makanan untuk mendapatkan asam lemak yang cukup.

Omega-3 asam lemak dapat ditemukan pada ikan air dingin (seperti salmon dan tuna), kiwi, dan kenari, dll. DHA (Docosahexaenoic acid) adalah asam lemak omega-3 paling banyak dalam membran sel di otak.

Secara umum, otak sangat rentan terhadap kerusakan oksidatif. Inilah sebabnya mengapa makanan antioksidan menjadi populer bagi efek positif pada fungsi otak. Beberapa antioksidan yang ditemukan dalam berbagai makanan, yaitu Alphalipoic yang ditemukan di bayam, brokoli dan kentang; Vitamin E ditemukan dalam minyak sayur, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, Vitamin C ditemukan dalam buah jeruk dan beberapa tanaman dan sayuran, dan sebagainya.

Berdasarkan pengamatan dan riset, para ahli merekomendasikan diet yang mengandung lemak ikan, sayuran dan salad, dan zat tepung non-buah-buahan yang baik dalam memerangi senyawa radikal bebas. (articlesbase/bun)

Selain itu otak ku juga memiliki keterbatasan kemampuan ne.. wah klo ngak di rawat otak ku juga bisa sakit. Otak akan sangat berbahaya bila kita tidak merawatnya, nah berikut ini adalah cara hal yang dapat mempengaruhi kinerja Otak kita jadi lemot alias ngak kita inginkan…he..

  1. Tidak Sarapan Pagi
    Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.
  2. Makan Terlalu Banyak
    Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.
  3. Merokok
    Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.
  4. Mengkonsumsi gula terlalu banyak
    Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak
  5. Polusi Udara
    Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.
  6. Kurang Tidur
    Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.
  7. Menutup kepala saat tidur
    Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.
  8. Menggunakan pikiran saat sakit
    Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak.
  9. Kurang menstimulasi pikiran
    Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.
  10. Jarang berkomunikasi
    Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

Jenuh..!!!

Menyebalkan……..

Sangat menyebalkan…

Mendengar keluhan mu

Melihat sikap mu

Mengikuti ego mu

Menanggapi komentar mu

Mengikuti saran-saran mu

 

Panas…….

Sangat panas ditelinga ku..

Saat kamu berbisik

Saat kamu teriak

Saat kamu menghardik

Terhadap apa yang telah ku ketahui

 

Jenuh……

Terasa jenuh aku disini…

Tanpa ada titik habisnya

Tanpa ada jalan keluarnya

Tanpa ada peningkatan yang berarti

 

Namun…

Ku bertahan dalam setiap sesi

Ku kokohkan hati

Menuju tujuan yang telah aku siapkan

dan semoga menjadi Ridho MU

 

Semoga tuhan bersama ku

Untuk jalan kehidupan yang lebih baik

Amin

MAKANAN UNTUK OTAK KU……….



Wah… sehabis keliling mempelajari oksigen kini saya dapat artikel untuk membuat otak kita sehat. Sesuatu yang sehat pastinya dimulai dari makanan, minuman dan nutrisi yang cukup. Begitupun otak yang merupakan unsure paling penting bagi aktivitas hidup kita. Apabila otak tidak bekerja mungkin bisa kita kategorikan bahwa kita telah mati karena kita tidak dapat merasakan, memberikan peritah pada organ lainnya. Nah untuk lebih memahami tetang otak ini ayo.. kita cari tau tentang otak.

Ogan terpenting dalam tubuh kita adalah otak. Otak yang sehat akan berdampak baik untuk menunjang aktivitas, membantu kita lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Otak yang kurang sehat akan mengakibatkan konsentrasi yang menurun, kemampuan mengingat yang lemah dan sering tidak fokus. Ini dapat terjadi jika otak tidak mendapatkan ‘makanan’ atau nutrisi yang cukup.

Untuk itu kita sangat perlu memperhatikan kebutuhan otak kita dengan cara mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya kerja otak:

Berikut makanan alami yang dapat menyehatkan otak:

1. Ika Salmondn Ikan Tuna
Ikan merupakan sumber protein hewani yang paling tinggi. Ikan jenis salmon dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk proses pertumbuhan dan melindungi perkembangan otak dan lebih banyak daripada omega-3 pada ikan tuna. Selain itu, omega-3 ini dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke. Juga dapat membantu pertahanan tubuh dari serangan kanker dan radang sendi. Ikan salmon merupakan ikan yang sangat bergizi dan menjadi sumber protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh putra-putri Anda. Asam lemak omega-3 juga menurunkan resiko terkena dementia dan penurunan mental. Mengkonsumsi banyak ikan sejak kecil mengurangiresiko kepikunan di usia lanjut.

2. Kafein
Tidak selamanya meminum kopi atau teh buruk untuk tubuh. Selama jumlah yang dikonsumsi tidak berlebihan tentunya akan membawa manfaat untuk tubuh Anda. Kafein yang terkandung di dalam kopi ataupun teh bisa membuat Anda berkonsentrasi dan
fokus. Otak Anda akan berada dalam posisi ‘terjaga’ setelah meminumnya.

3. Sarapan sebagai Bahan Bakar Otak
Sering melewatkan sarapan? Mulai rubah kebiasaan itu. Sarapan dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek dan juga membuat Anda dalam keadaan fokus. Pastikan anak Anda tidak pernah melewatkan sarapan meskipun hanya setangkup roti dan segelas
susu. Agar si kecil fokus saat belajar di sekolah. Sarapan tidak perlu banyak namun sebaiknya mengandung protein yang cukup.

4. Gula Meningkatkan Waspada
Gula yang dimaksud bukanlah gula yang biasa Anda tambahkan ke dalam minuman atau makanan, melainkan glukosa yang Anda dapat dari makanan. Gula yang berasal dari karbohidrat ataupun buah-buahan. Makanan manis inibisa memicu memori jangka pendek dan proses berpikir spontan Anda.

5. Kacang dan Cokelat
Kacang-kacangan secara umum adalah sumber protein, serat, vitamin, dan juga mineral. Konsumsi kacang-kacangan di siang hari, akan membantu anak mempertahankan energi dan kemampuan berpikirnya hingga sore hari.

Konsumsi sedikit cokelat dan kacang setiap hari sangat dianjurkan. Karena bisa memenuhi kebutuhan vitamin E serta antioksidan yangdiperlukan oleh tubuh. Vitamin E yang cukup bisa mencegah terjadinya penurunan kognitif yang berkaitan dengan bertambahnya usia.

Selain itu“Kacang tanah dan selai kacang merupakan sumber vitamin E yang baik, suatu antioksidan kuat yang melindungi membran saraf.  Ditambah dengan kandungan thiamin untuk membantu otak dan sistem saraf,” kata Andrea Giancoli, seorang ahli gizi dari Los Angeles.

6. Blueberry
Seperti yang telah dilansir webMD, blueberry mampu melindungi otak dari stres oksidatif dan mengurangi efek dari kondisi yangberkaitan dengan penyakit usia seperti Alzheimer dan juga dementia. Buah-buahan dari keluarga “berry”, seperti strawberry, blueberry, blackberry, cranberry, cheri, dll memang memiliki warna, bentuk, dan rasa yang menarik, sehingga banyak disuka anak-anak. Dan khasiat dalam buah-buahan ini pun sangat banyak. Terutama kandungan vitamin C dan antioksidan. Buah berry juga memiliki kandungan lemak omega-3 yang cukup tinggi.

7.Telur
Telur dikenal sebagai sumber protein yang sangat tinggi. Dalam kuning telur terdapat kolin, yang membantu pengembangan memori. Pada satu buah kuning telur mengandung lebih dari 25 persen kebutuhan kolin setiap hari. Orang dewasa membutuhkan 425 gram kolin per hari, sedangkan anak balita butuh 250 gram per hari. Selain itu, telur juga mengandung anti-oksidan serta lutein yang membantu mencegah gangguan penglihatan akibat penuaan dan katarak. Kadar lutein dalam telur bahkan lebih banyak dibanding pada sayuran berdaun hijau.

8.Biji Gandum
Otak memerlukan pasokan glukosa yang tetap, ternyata pasokan tersebut dimiliki oleh biji gandum. Selain itu, serat biji gandum membantu mengatur pelepasan glukosa ke dalam tubuh.  Biji gandum juga mengandung fiber, antioksidan seperti Vitamin E dan selenium, zinc, magnesium, dan Vitamin B. Nah, vitamin B dalam gandum juga sangat baik untuk memelihara sistem saraf yang sehat

8. Oatmeal
Menurut Sarah Krieger, seorang pakar gizi di Florida, oatmeal adalah sereal favorit anak-anak yang sangat baik bagi kesehatan otak dan jantung mereka. Oats memberikan energi yang sangat baik alias bahan bakar untuk otak yang pertama kali dibutuhkan oleh anak-anak di pagi hari. Oat juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh kita dan otak berfungsi pada kapasitas penuh

9. Sayur-sayuran
Berbagai sayuran dengan berbagai warna seperti bayam, tomat, wortel, kangkung, dll sangat baik untuk anak. Merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk menjaga sel-sel otak agar tetap sehat. Selain itu, sayuran juga mengandung kalsium yang cukup banyak dan mengandung mineral lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan.

10. Susu dan yoghurt
Hari gini nggak doyan susu? Hmm…jangan salahkan kalau buah hati Anda kekurangan gizi. Susu dan yoghurt memiliki kandungan protein, vitamin B, vitamin D, kalsium, yang sangat penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan sumber energi bagi otak

11. Daging
Zat besi pada daging, terutama daging sapi, sangat baik untuk menyerap zat besi. Sebab zat besi penting untuk membantu anak-anak menjaga konsentrasi dan tetap berenergi. Daging sapi juga kaya akan seng (zinc), yang sangat baik untuk daya ingat

Makanan-makanan yang disebutkan sebelumnya tidak akan maksimal jika pola hidup yang Anda terapkan masih saja berantakan. Waktu tidur yang cukup akan memberikan otak Anda waktu untuk beristirahat agar siap memulai aktivitas esok hari. Dan olah raga yang teratur bisa membuat Anda lebih rileks dan suplai oksigen ke otak pun akan cukup.

OTAK KURANG OXIGEN JADI SERING KRAM / PUSING

 

Akh karena aku menghirup udara yang minim membuat otak aku serin pusing, sakit sekali bila sudah waktunya aku bisa menempelkan 6 koyo untuk meredakannya. oleh karena itu alangkah baiknya bila kita selalu bersyukur atas nikmat tuhan karena dengan bernafas sebenarnya jumlah udara dan sifat dari udara tersebut sangat menentukan kesehatan kita.

Apabila Mudah lelah, lesu tak bersemangat dan tubuh merasa pegal linu dan gampang jatuh sakit. Waspadalah, Mungkin anda telah dilanda hipoksia (hypoxia). Ini adalah istilah medis menggambarkan tubuh kekurangan oksigen.

Kekurangan oksigen sama sekali bukan kondisi yang baik Karen aoksigen adalah senyawa penting pembentuk energi bagi tubuh. Anda tak punya tenaga yang cukup sehingga aktifitas dan rutinitas terganggu.

Kasus hypoxia sering dijumpai dan bias terjadi pada siapa saja. Menurut Dr. Kadarsyah,MD, scientific Advisor PT Royal kekaltama Beverages, hipoksia bisa membawa sederet penyakit kronis yang muncul dengan gejala beragam. Berikut beberapa masalah kesehatan yang terkait dengan hypoxia. Jangan sampai terjadi pada anda.

Pingsan

Pernah mengalami pingsan atau menyaksikan seseorang kehilangan kesadaran sementara waktu? Prosesnya berlangsung cepat. Mula-mula wajah korban pucat, tubuhnya terasa lemas, lalu tiba-tiba saja ambruk tidak sadarkan diri. Pingsan terjadi karena otak kekurangan pasokan oksigen. Penyebabnya cukup banyak. Bisa karena tubuh terlalu lelah.
Terlalu lama beristirahat dengan posisi tidur lalu mendadak berdiri untuk melakukan aktifitas juga bisa mengundang pingsan. Karena pada saat itu tubuh masih lemah dan organ-organ yang bekerja menjaga keseimbangan tubuh belum berfungsi sempurna. Faktor ketegangan emosi dan mengenakan pakaian ketat yang menekan leher juga bisa mengakibatkan pingsan karena aliran darah ke otak berkurang sementara darahlah yang bertugas mengantarkan oksigen dan nutrisi keseluruh jaringan tubuh termasuk otak.
Untuk mengatasi pingsan, korban harus dibaringkan, ganjal kakinya dengan bantal atau benda lain sehingga posisi kepala lebih rendah dari kaki. Cara ini membantu melancarkan aliran oksigen ke otak.

Stroke

Secara terus menerus sel-sel otak memerlukan oksigen dan nutrisi untuk bisa bertahan hidup dan mejalankan fungsinya dengan baik. Bila sekali waktu pasokan oksigen dan nutrisi yang diangkut melalui darah menuju otak terhenti oleh suatu sebab, maka terjadilah stroke, yaitu kondisi dimana sel-sel otak mengalami kerusakan.

Proses stroke berlangsung begitu cepat. Bila oksigen berhenti mengalir dalam waktu 3 atau 4 menit saja, kerusakan bias fatal. Semakin lama aliran oksigen terputus, tingkat kerusakan yang ditimbulkan semakin farah, stroke yang dideritapun akan semakin berat dan sulit dipulihkan.

Kasus stroke harus ditangani dengan cepat dan tepat. Sedapat mungkin penderita stroke sudah ditangani tim medis ahli paling lambat 6 jam setelah kejadian. Masa 6 jam yang disebut golden period ini sangat menentukan peluang keberhasilan pemulihan pasien kelak.

Anemia

Anemia disebut penyakit kurang darah. Anemia terbagi pada beberapa jenis. Pada banyak kasus, anemia tejadi karena bukan disebabkan volume darah yang kurang tetapi karena kandungan oksigen didalam darah sedikit.

Dalam darah terdapat komponen sel yang dinamakan haemoglobin. Fungsinya mengikat oksigen didalam darah untuk dialirkan keseluruh sel tubuh guna membantu proses pengolahan makanan menjadi tenaga. Jika jumlah haemoglobin didalam darah berkurang, oksigen yang berhasil dibawa hanya sedikit.

Tentunya, tenaga yang dihasilkan pun tidak sebanyak yang dibutuhkan tubuh. Karena itulah, penderita anemia mudah lelah, letih da lesu.

Solusi untuk penderita anemia adalah mengkonsumsi makanan-makanan yang merangsang pembentukan haemoglobin, seperti hati ayam. Bila kadar haemoglobin meningkat, oksigen yang bisa diserap tubuhpun semakin banyak.

Isyarat Hypoxia

Keluhan yang ditimbulkan hypoxia pada setiap orang tidak sama. Tapi ada isyarat yang bisa dibaca sebagai pertanda gejala tubuh mulai kekurangan O2 :
Sulit konsentrasi
Mudah lelah, letih dan tidak bersemangat
Daya tahan tubuh rendah
Sering terserang nyeri dan pegal linu
Rambut rontok
Kegemukan
Merasa kembung setelah makan
Infeksi jamur
Sinusitis
Diare atau sembelit
Tekanan darah tidak stabil
(majalah human)