Monthly Archives: April 2010

Awet Muda, Kendalikan hormon

Ada beberapa hormon yang dipercaya punya hubungan erat dengan proses penuaan. Pengendalian hormon yang baik bisa membuat proses itu melambat dan menyebabkan awet muda.

International Congress of Neuroendocrinology di Pittburgg dan Paris Anti-Obesity Therapies Congress telah mendiskusikan hal ini. Ada beberapa hormon spesifik menuju awet muda:

1. DHEA (dehidroepiandrosteron)
Hormon ini diproduksi oleh kelenjar adrenalin. Hormon ini adalah hormon yang paling melimpah dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk mencegah efek penuaan dini seperti melindungi dari Alzheimer, penyakit jantung, kanker payudara dan ovarium juga osteoporosis. Semakin tinggi tingkat DHEA dalam tubuh, maka makin padat tulang.

2. Melatonin
Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal, yang terletak di otak. Hormon ini bisa membantu seseorang untuk tidur. Tidur, tentu saja menghasilan hormon anti penuaan yaitu HGH alias human growth hormon. Hormon ini juga bisa membuat efek anti kanker. Sebuah studi menemukan, wanita dengan penyakit kanker payudara diketahui punya tingkat melatonin yang rendah. Melatonin juga berpotensial menjadi antioksidan yang bisa membantu mengurangi depresi. Penelitian di Italia menunjukkan hasil suplemen melantonin pada tikus memperpanjang hidupnya 25 persen.

3. Hormon thiroid
Hormon ini selalu terlibat saat tubuh berproses melakukan apapun. Ketika hormon ini berkurang biasanya gejala yang terjadi adalah tangan dan kaki jadi dingin, sulit menurunkan berat badan, ingatan terganggu, kebingungan mental, sulit berkonsentrasi, rambut rontok, kulit kering, kuku rapuh dan kekurangan energi serta gairah seks.

4. HGH (human growth hormon)
Menurut para ahli hormon ini dihasilkan oleh kelenjar di bawah otak sebagai hormon yang paling berpotensi membuat awet muda. Hormon ini dapat mengurangi berat badan berlebih, meningkatkan otot, meningkatkan kekuatan tulang, meningkatkan energi, mempertinggi performa seks, memperbaiki kerusakan pada penderita penyakit jantung, memperbaiki kapasitas pernafasan, memperbaiki aliran darah dan kulit yang kapalan.

5. Hormon lain
Hormon seks progesteron, estrogen dan testosteron juga berkhasiat membuat awet muda. Kekurangan progesteron bisa membuat kecemasan, susah tidur, susah beristirahat, panik, gelisah, kekurangan cairan dan payudara membengkak. Kekurangan estrogen dapat membuat rambut rontok, kerutan di daerah bibir, payudara turun, muka berbulu, mata kering, depresi dan cepat lelah. Sementara kekurangan testoreton dapat membuat kerutan di wajah, kehilangan otot tubuh, pinggang menggendut, kelelahan yang kronis, penurunan libido, disfungsi ereksi dan kesulitan mencapai orgasme ini bisa terjadi pada pria juga wanita.

Setelah tahu hormon-hormon apa yang penting bagi tubuh agar awet muda, kini perhatikan makanan Anda. Tahukah Anda bahwa susu, gula, kopi sangat berbahaya? Coba manfaatkan lemak. Lho…

Makanan Sehat untuk Hormon
Beberapa ilmuan percaya bahwa tingkat hormon bisa dipulihkan dengan mengkomsi makan yang tepat dan mengurangi jenis makanan tertentu. Hal ini bukan hanya memperlambah proses penuaan tapi juga mengurangi berat dan dengan tepat.

1. Konsumsi buah sayuran. Ini bisa membuat hormon aktif thiroid bertambah. Gunakan takaran yang benar.

2. Protein. Makanan dengan protein tinggi bisa meningkatkan tingkat insulin pertumbuhan juga hormon adrenalin seperti DHEA, menetralkan efek kortisol yang tak penting dalam tubuh, menurunkan tingkat insulin yang tinggi juga membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

3. Lemak. Dalam tingkat normal, lemak meningkatkan fungsi semua hormon seks dan juga HGH. Dalam jumlah eksklusif, lemak juga bisa menurunkan HGH dan hormon thiroid.

4. Air.

Hindari Makan:

1. Biji-bijian dan sereal. Coba biji-bijian berkecambah dan kurangi jenis bijian yang tak berkecambah. Setiap waktu insulin bisa bertambah karena makanan ini sementara hormon DHEA, HGH, testosteron, estradiol dan glukosa menurun. Bijian juga membuat hormon steroid terjepit dan hormon ini akan mengalir dalam darah.

2. Produk bersusu. Tubuh manusia sulit untuk menyerap protein dari susu. Keju juga jenis makanan yang zatnya sulit digali. Susu yang berlebih bisa mengurangi tingkat hormon thiroid.

3. Gula. Kebanyakan orang sudah tahu tentang ini tapi mengacuhkannya. Faktanya gula tak baik untuk Anda. Gula tak pernah menambah energi, gula hanya akan membuat Anda merasa lelah. Madu sebenarnya lebih baik tapi tetap punya efek yang sama terhadap insulin tubuh Anda. Anda bisa memakan buah yang main untuk menggantikan gula untuk energi.

4. Kopi. Kopi bisa membuat tubuh dehidrasi, mengurangi melatonin di malam hati dan meningkatkan serum kortisol.

5. Alkohol. Bisa meningkatkan estrogen pada pria. Efeknya bisa menambah ukuran payudara dan perut buncit pada pria. Mengkonsumsi alkohol berlebihan meningkatkan ukuran prostat dan membuat prostat mengeras.

Sederhananya, tingkatkan HGH Anda secara natural dengan mengkonsumsi lebih banyak kalori yang berasal dari buah, sayur, telur, daging, ayam atau bebek dan terutama ikan. Konsumsi L-arginin dan L-glutamin suplemen yang berguna untuk menjaga asam amino dan membangun protein.

Makanlah makanan organik, hindari alkohol, cuka dan minuman berkafein. Berhenti menggunakan tembakau, ganja juga obat-obatan terlarang lainnya. Selamat hidup sehat.
http://victor-health.blogspot.com/2007/10/awet-muda-kendalikan-hormon.html

KOPI (- AND +)

Kopi termasuk minuman yang digemari oleh pria dan wanita. Minuman konon yang bisa mengurangi rasa kantuk ini sangat umum di masyarakat Indonesia. Bahkan, gerai-gerai kopi sudah menjamur di berbagai sudut kota, hingga di mall.

Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.

Di dalam kopi terkandung kafein, yang merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%.

Manfaat Kopi
Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.

Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).

Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.

Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.

Bahaya Kopi
Selain manfaatnya untuk kesehatan ternyata kopi juga memiliki kerugian. Salah satunya adalah efek ketergantungan.

Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.

Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.

Saya Penggemar Kopi, Harus Bagaimana?
Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan, bahkan akan bermanfaat bagi kesehatan. Jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari.

Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi perhari selama 8-15 hari berturut-turut. Sedangkan dosis yang dapat berakibat fatal bagi manusia adalah sekitar 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari.

BEGONE……….

Sejauh ini tak seramah yang aku harapkan..

It was not friendly as far as what I expected

Naluriku bernyanyi dan menari menyaksikannya.

I witnessed the instinct to sing and dance ..

Sejuta rangkaian tersirat tanda yang akan terkuak oleh waktu

implicit sign a million circuit that will unfold with time

Lepaskan keyakinan tanpa arah

remove the conviction without direction

Karena kekeliruan yang telah terlewati

because of mistakes that have elapsed

Sulit mematikan rasa ini yang telah tercipta oleh mu

difficult to turn off this sense that has been created by you

Dan aku tak ingin semuanya semakin curam

and I do not want it all the more steep

Pergilah….

begone………………

Kibaskan sayap kebahagiaan dimana kau  inginkan

shake off the wings of happiness where you want

Tak perlu menunggu dalam seikat hilaf

not have to wait in a bunch of err

Pergilah….

begone………………

Jauhkan dari petak petak keterpaksaan

away from the plot of compulsion

Kerapuhan akan menghancurkan segalanya

fragility will destroy everything

Karena masa itu akan kembali

since those days will return

Dan itu tak aku harapkan

and that I didn’t expect

ku harap kau mengerti

I hope you understand